IKLAN

Iklan

Thursday, January 4, 2018

PRANGKAT PEMBELAJARAN( Pemesinan Bubut)

WORKSHOP SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PRANGKAT PEMBELAJARAN 1

MATA PELAJARAN
TEKNIK PEMESINAN BUBUT

Kopotensen dasar :
3.1 Memahami bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya
4.1 Mengidentifikasi bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya


Description: Gambar terkait



Oleh:

SALALUDDIN
K2513099





PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
Nama Sekolah                        : SMK Bhinneka Karya
Mata Pelajaran                        : Teknik Pemesinan Bubut
Komp. Keahlian                     : Teknik mesin
Kelas /Semester                      : XI TM-A / 1
Tahun Pembelajaran               : 2017-2018
Pertemuan ke-                        : 1
Alokasi Waktu                       :  8 x 45menit  

A.    Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

5.      Kompetensi Dasar
3.1 Memahami bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya
4.1 Mengidentifikasi bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya
6.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1        Menyebutkan bagian-bagian mesin bubut
3.1.2         Menjelakan bagian-bagian mesin bubut standar
4.1.1         Memperagakan bagian-bagian utama mesin bubut sesuai SOP.
7.             Tujuan Pembelajaran
3.1.1.      Setelah mengamati pembelajaran Siswa kelas xi dapat menyebutkan bagian-bagian mesin bubut dengan tepat.
3.1.2.      Melalui power point Siswa kelas xi dapat Menjelaskan bagian-bagian mesin bubut standar.
4.1.1.      Siswa kelas xi selah pendalaman materi dapat Memperagakan bagian-bagian utama mesin bubut sesuai SOP.
8.             Materi pembelajaran
1.      Bagian-bagian utama mesin bubut. (terlampir)
9.              Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan               : Scientific ( Student Center Aprouch)
b.      Model           : inquiri base Learning
c.       Metode         : Ceramah, Diskusi, dan Demostrasi
10.         Langkah – langkah Kegiatan Pembelajar                           

Jumlah Pertemuan
Alokasi Waktu
Teori
1
4 x 45 menit
Praktek
1
4 x 45 menit



Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
Motivasi
1.      Berdoa dan melakukan presensi terhadap siswa.
2.      Memotivasi siswa dengan mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata berdasarkan kitab suci.
Apersepsi
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik baik berbentuk kemampuan proses maupun kemampuan produk
4.      lainnya yang tercakup dalam teknik permesinan bubut.
20 menit
Inti

Mengamati, Menanya
·         Guru menanyakan kepada siswa apa fungsi dan perbeda-an mesin bubut, jelaskan bagian utama Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberi-kan guru tentang bagian-bagian mesin bubut.
·         Peserta didik secara berkelompok berdiskusi membahas permasalahan berdasarkan hasil pengamatan jenis dan, bagian utama mesin bubut yang disajikan
·         Peserta didik mempertanyakan secara mandiri atau pada sumber belajar berkaitan apa fungsi, jelaskan bagian utama dan merumuskan permasalahannya

Mengekplorasi
Berbasis pengalaman peserta didik terkait dengan pemesinan bubut, 
·         Guru mendorong peserta didik mengumpulkan berbagai jenis informasi tentang jenis, bagian utama mesin bubut dari berbagai media
·         Peserta didik secara individu menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan jenis, bagian utama mesin bubut dari berbagai sumber.
·         Peserta didik berdiskusi memverifikasi tentang jenis, bagian utama mesin bubut dengan prinsip dan aturannya
·         Peserta didik memberikan pendapat berkaitan dengan materi diskusi dan menentukan jenis dan bagian utama mesin bubut beserta karakteristiknya
Mengasosiasi
Berbasis pengalaman belajar peserta didik terkait dengan pengetahuan konseptual tentang pemesinan bubut, 
·         Guru menugaskan peserta didik memilih perlengkapan mesin bubut, alat bantu kerja mesin bubut dan mencoba menggunakan mesin bubut
·         Peserta didik memilih perlengkapan mesin bubut, alat bantu kerja mesin bubut dan mencoba menggunakan mesin bubut
·         Guru melakukan tutorial kelompok.
·         Peserta didik menilai jenis mesin bubut, bagian utama dan perlengkapan mesin bubut, alat bantu kerja serta dimensi  mesin bubut untuk menentukan apakah telah memenuhi kaidah atau prinsip mesin bubut.
Mengkomunikasikan
Siswa  saling  memberikan  umpan  balik  mengenai  topik  tersebut, mengenai  tugas  yang    telah  mereka  kerjakan,  dan  mengenai keefektifan  pengalaman-pengalaman  mereka.  Guru  dan  murid berkolaborasi  dalam  mengevaluasi  pembelajaran  siswa  dan mengevaluasi pemikiran paling tinggi.
315 menit
Penutup
Rangkuman, refleksi, tes, dan tindak lanjut
1.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi.
2.      Guru membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3.      Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru 
4.      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
5.      Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
25 menit


11.  Hasil Belajar
a.          PHB 3: Assesment pengetahuan
b.         PHB 4: Assesment Ketrampilan
12.  Alat, Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat                       :  Laptop, LCD dan Papan tulis
2.      Media                    :  Power point(materi mesin bubut), Mesin bubut.
3.      Sumber Pemberajaran
·         Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·         Huda Niamul dkk. (2015). Teknik Pemesinan Dasar. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan.
13.  Penilaian
Penilaian dilakukan dengan prosedur :
                            i.      Tes tertulis (terlampir)
                          ii.      Praktek / unjuk kerja ( terlampir)









Dosen Pembimbing I



Drs.Ranto,MT.
NIP.196109261986011001
              Surakarta, 28 September 2017 
Guru Mata Pelajaran



Salaluddin, S.Pd
Nim: K2513099

Dosen Pembimbing II



Yuyun Estriyanto, ST.,M.T
NIP.197801132002121009


No comments:

Post a Comment

Motivasi Bangun Subuh

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  Jum'at 16 Mei 2025 saya mengecek peserta didik hampir 100% peserta didik tidak sholat subuh...