IKLAN

Iklan

Thursday, January 11, 2018

Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik

  Apa itu perkembangan ?
• Perkembangan adalah proses perubahan progresif yang bersifat kualitatif fungsional dan yang       terjadi pada aspek fisik dan psikis. Contohnya :berjalan, berfikir,berimajinasi, dll


 Apa itu pertumbuhan ?
• Pertumbuhan adalah proses perubahan progresif yang bersifat kuantitatif dan yang terjadi pada aspek fisik.Contoh pertumbuhan : munculnya gigi-gigi baru,bertambahnya tinggi badan,dst.

Persamaan pertumbuhan & perkembangan?
• Persamaan pertumbuhan dan perkembangan adalah keduanya merupakan proses perubahan progresif, maksudnya berjalan secara bersamaan. an bersifatmaju, meningkat dan menjadi lebih baik.

Perbedaan pertumbuhan & perkembangan?
1. perubahan adalah Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitati sedangkan pada perkembangan perubahan bersifatkualitatif fungsional

 2. Aspek yang berubah:Pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisiksaja, sedangkan pada perkembangan aspek yangberubah adalah aspek fisik dan psikis.

Aspek perkembangan danpertumbuhan
• Aspek Pertumbuhan:Pertumbuhan meliputi aspek fisik besertaotak karena otak berpengaruh         padaperkembangan kognitif anak.
•  Aspek Perkembangan:Perkembangan meliputi perkembanganpsikomotor, perkembangan       kognif,perkembangan social, sertaperkembangan emosi anak.

Hubungan pertumbuhan dan perkembangan
  Ø    Perkembangan tidak terpisahkan daripertumbuhan.
  Ø  Perkembangan terjadi bersamaan atausetelah terjadinya proses pertumbuhan.
  Ø  Perkembangan terjadi dengan baik jikadidukung oleh pertumbuhan yang normal
  
     Prinsip perkembangan danpertumbuhan.
Hurlock(1997;29) menjelaskan bahwa prinsip-prinsip perkembangan tersebutmeliputi:
Perkembangan melibatkan AdanyaPerubahan. Perkembangan selaluditandai adanya perubahan yang bersifatprogresif yang bertujuan agar manusiadapat menyesuaikan diri dengan tuntutanlingkungan.
- Perkembangan Awal lebih kritis dariPerkembangan selanjutnya. Perkembangan merupakan prosescontinue, dimana perkembangansebelumnya akan mempengaruhiperkembangan selanjutnya. oleh karenaitu kesalahan ataupun gangguan padaperkembangan a)al akan terusmempengaruhi perkembangan-perkembangan berikutnya.
Perkembangan merupakan hasil Proses kematangan dan belajar. Kematangan merupakan hasil perkembangan melalui tahapan-tahapan yang kompleks dan saling terkait dari tahapan-tahapan awal ke tahapan-tahapan selanjutnya. Perkembangan merupakan hasil belajarmengartikan bah)a perkembangandiperoleh melalui usaha sadar dan latihan.

Pengertian remaja
individu mengalami perkembangan psikologi dan pola identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa.

Ciri khas perkembangan padaremaja
remaja mengalami perubahan fisik (pertumbuhan) paling pesat,dibandingkan dengan periode perkembangan sebelum maupun sesudahnya.
•  mempunyai energi yang melimpah secarafisik dan psikis yang mendorong mereka untuk berprestasi dan beraktifitas.
• Perhatian mereka lebih terarah kepada teman sebaya dan secara berangsur melepas diri dari keterkaitan dengan keluaga
•  remaja memiliki keterkaitan yang kuat dengan lawan jenis.

g    Ciri khas perkembangan pada remaja.
•Periode idealis
•penunjukan kemandirian.
•berada pada periode transisi antarakehidupan masa kanak-kanak dankehidupan orang de)asa.
•Pencarian identitas diri.

Masalah-masalah remaja
  Ø  upaya merubah sikap dari anak-anak kesikap orang dewasa
  Ø  kesulitan menerima perubahan fisikal
  Ø  kebingungan dengan fungsi seks
  Ø  masalah yang ditimbulkan akibat upayapenyesuaian emosional (over acting, lancang,dll)
  Ø  masalah yang berkaitan dengan norma ataunilai remaja yang tidak sesuai dengan nilai orang tua

 Usaha untuk mencapaiperkembangan dan pertumbuhanpeserta didik
•Pencapaian tugas melalui kelompok teman sebaya
•mencapai kemandirian pribadi
•Pengembangan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Simpulan
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang dialami oleh remaja secara kontinue. Pertumbuhan dan perkembangan adalah proses yang saling berhubungan tak bisa dilepaskan dari kehidupan remaja. Pertumbuhan adalah Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/indiviidu. sedangkan perkembangan yaitu suatu proses perubahan dalam diri individu yang bersifat kualitatif atau untuk fungsi psikologis yang berlangsung secara terus menerus kearah yang lebih baik.

Sekian dan terimakasih saya ucapkan kepada pembaca maupun yang melihat.
Mohon maaf jika apa yang saya tulis diatas ada salah kata.
Karena saya yang tak luput dari kesalahan........................................



No comments:

Post a Comment

Motivasi Bangun Subuh

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  Jum'at 16 Mei 2025 saya mengecek peserta didik hampir 100% peserta didik tidak sholat subuh...